Pertumbuhan Penduduk dan Tingkat Pendidikan

Pertumbuhan Penduduk dan Tingkat Pendidikan

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Misalnya pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun 1995 ke tahun 2000 adalah perubahan jumlah penduduk Indonesia dari tahun 1995 sampai 2000.

Selain merupakan sasaran pembangunan, penduduk juga merupakan pelaku pembangunan. Maka kualitas penduduk yang tinggi akan lebih menunjang laju pembangunan ekonomi. Usaha yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kualitas penduduk melalui fasilitas pendidikan, perluasan lapangan pekerjaan dan penundaan usia kawin pertama. Menurut Kuncoro (1997:169) menjelaskan bahwa ada tiga alasan mengapa pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menghambat pembangunan :

  1. Meningkatkan konsumsi saat ini dan investasi yang dibutuhkan untuk membuat konsumsi dimasa yang akan datang. Rendahnya sumber daya perkapita akan menyebabkan penduduk tumbuh lebih cepat yang pada gilirannya membuat investasi dalam kualitas manusia semakin sulit. Fakta menunjukkan aspek kunci dalam pembangunan adalah penduduk yang semakin terampil dan berpendidikan.
  2. Di banyak negara dimana penduduknya masih amat bergantung dengan sektor pertanian, pertumbuhan penduduk mengancam keseimbangan sumberdaya alam karena pertumbuhan penduduk memperlambat perpindahan penduduk dari struktur pertanian modern dan pekerja modern lainnya.
  3. Pertumbuhan penduduk yang cepat membuat semakin sulit melakukan perubahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan perubahan ekonomi dan sosial. Secara nasional, laju pertumbuhan penduduk relatif masih cepat walaupun ada kecenderungan menurun.

pertumbuhan penduduk sangat berguna untuk memprediksi jumlah penduduk di suatu wilayah atau negara dimasa yang akan datang. Dengan diketahuinya jumlah penduduk yang akan datang, diketahui pula kebutuhan dasar penduduk ini, tidak hanya di bidang sosial dan ekonomi tetapi juga di bidang politik misalnya mengenai jumlah pemilih untuk pemilu yang akan datang. Tetapi prediksi jumlah penduduk dengan cara seperti ini belum dapat menunjukkan karakteristik penduduk dimasa yang akan datang. Untuk itu diperlukan proyeksi penduduk menurut umur dan jenis kelamin yang membutuhkan data yang lebih rinci yakni mengenai tren fertilitas, mortalitas dan migrasi.

power point:

video:

           Dari uraian diatas saya punya pendapat bahwa pertumbuhan penduduk sangat mempengaruhi tinggi rendahnya pendidikan.bayangkan berapa juta anak yang masih dibawah standar pendidikannya,dengan bertambahnya kependudukan setiap harinya semakin banyak di negara indonesia ini penduduk yang tidak mampu memberikan pendidikan yang layak pada anaknya.dan  salah satu faktor juga yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk yang meningkat yaitu faktor Ekonomi.semakin banyak penduduk miskin/tidak mampu memberikan pendidikan kepada anaknya dengan pendidikan yang makin tinggi dari segi apapun.Dan pertumbuhan penduduk yang tak terkontrol mengakibatkan bertambahnya masalah untuk negara indonesia ini.sedikit saran dari saya untuk mengatasi meningginya pertumbuhan penduduk yang tak terkontrol pada sekarang ini yaitu,selain dengan program kb(keluarga berencana)yang membatasi setiap kepala keluarga untuk membatasi keturunanya/memiliki anak,tetapi ekonomi penduduk yang jauh dari mampu/penduduk miskin diperhatikan dengan cara diberi bantuan.namun saran say bantuan tersebut langsung diberikan kepada mereka2 yang memerlukannya.agar penyaluran bantuannya tidak disalahgunakan.terima kasih.

REFERENSI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: